Enjoy In Your Live . . . . with smile that beauty . . . (+_+)

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

You need to upgrade your Flash Player to version 10 or newer.

Sehat dengan Sunnah Rasul (Bekam dan Ruqyah)



Hari ini, tanggal 15 Oktober 2011, saya menyaksikan Siraman Qalbu di MNCTV. Ustadz Arifin Ilham dan ustadz lainnya mengulas cara pengobatan yang disunnahkan Rasulullah, yaitu dengan cara bekam dan ruqyah. Hari ini bertepatan dengan lahirnya asosiasi Bekam Seluruh Indonesia. Kebetulan sekali tanggal 17 Zulqa`dah, Rasul menganjurkan tanggal tersebut bagus untuk berbekam. Saya berniat hari ini berbekam untuk mengikuti sunnah beliau. O, iya, Selain tanggal 17, kita bisa juga memilih tanggal 19 dan 21 bulan qamariyah untuk berbekam. Hal ini sesuai anjuran Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wasallam.
Setelah tiba di ponpes Darul ulum, saya tanya kepada Mahyuni, teman sesama guru, di mana rumah tukang bekam modern? Setelah diberikan alamat dan rute perjalanan yang harus saya tempuh, ya kira-kira satu kilo dari ponpes, tepatnya di belakang Madrasah Ibtidaiyah Ghurfatul Ulum. Saya pun berangkat ke sana. Ya, kebetulan hari ini tidak ada jam mengajar. Ya, tidak sulit mencari rumahnya, hanya bertanya sekali rumah tukang bekam pun saya temukan. “Maaf Bu, rumah Adi Sungo dimana yah?” “O, itu di sana yang ada seng hijaunya itu”. Ya cuma lima puluh meter saja lagi rumahnya pun sudah kelihatan. Setelah tiba di sana, ternyata sudah ada dua pasien yang ditanganinya. Ya, menunggu giliran lah dulu.
Selama menunggu, saya banyak bertanya. Orang kencing manis bisa juga ya dibekam, katanya bisa dan memang bisa untuk kesembuhan kencing manis. Biasanya katanya bekam penyedotan darah pertama itu bercampur lender kekuningan, ini katanya penyebab tidak berfungsinya pankreas yang menetralisir kadar gula. Nah untuk penyedotan kedua darahnya biasanya sudah tidak bercampur lagi, namun tetap mengental hitam.
Lalu saya tanya lagi, kalau orang ingin mendapatkan keturunan bisa juga dilakukan terapi bekam ini? Ya bisa. Itu harus suami istri yang dibekam. Kalau perempuan yang berbekam apa tidak menimbulkan fitnah? Oh itu, kalau yang mau dibekam perempuan, yang membekam juga harus perempuan, yaitu istri saya sendiri. Katanya lagi melanjutkan, biasanya orang yang lambat mendapatkan keturunan itu, bisa disebabkan dari pihak suami kekurangan hormon, dan itu bisa dideteksi dari putih kuku ibu jari, kalau putihnya hampir tidak ada, boleh jadi itu penyebabnya, dengan cara bekam akan menormalkan kembali hormon kelaki-lakian dan memperkuat daya ereksinya. Kalau untuk sang istri biasanya kalau haid terasa sakit, itu disebut singgugut, harus disembuhkan dulu singgugutnya kalau mau mendapatkan keturunan. Dengan cara bekam ternyata merupakan solusi yang cukup manjur, katanya.
Sambil menangani dua pasien, dia terus bercerita, saya menyimak dengan serius. Ya, hitung-hitung menambah keimanan dengan Sunnah Nabi, penyembuhan dengan bekam. Anak saya ini Pak, ia menunjuk anaknya yang berumur dua tahun lebih, ketika dia berumur dua tahun saya bekam kepalanya. Kok bisa, apa tidak berbahaya? Hikmahnya untuk kecerdasan dan daya tahan tubuhnya Pak. Subhanallah.
Lalu menyinggung soal biaya, ia tidak masang target berapa yang harus dibayar. Ya sesuka rela berdasarkan keikhlasan dan kemampuan masing-masing. Kalau memasang target itu bukan sunnah Nabi lagi, katanya. Oya Pak saya juga disini praktik gurah. Oh.., lalu apa bahan yang dimasukkan ke dalam hidung tersebut? Katanya, santan, pala, jahe dan cabe rawet lima biji. Memang agak repot membuatnya.
Mengingat itu, saya bercerita tentang keluhan saya waktu mengidap sinusitis, gurah yang saya lakukang dengan menggunakan daun Langgundi, dan pohonnya alhamdulillah ada di tanam di tempat saya, Ceritaku. Ya kalau begitu, nanti saya minta Pak Ya insyaallah nanti saya bawakan, dan bisa ditanam di sini. Soalnya pohonnya mudah saja tumbuh, tinggal ditancapkan saja ke tanah.
Nah, tiba giliran saya berbekam. Saya mengambil posisi tengkurap. Sebenarnya keluhan saya ada pada kepala, sering sakit kepala, tapi tidak ada salahnya, saya juga mencoba dibekam di belakang, untuk menambah stamina.
Sekitar satu jam saya sudah selesai dibekam. Ya ini bekam yang kedua yang pernah saya lakukan. Sebelumnya pernah menggunakan jasa bekam tradisional tanggal 1 Februari 2011. Oya, yang belum pernah mencoba, tidak ada salahnya mencoba terapi penyembuhan dengan cara bekam ini. Dijamin tidak sakit kok. Ingatkan kita menghidupkan sunnah Rasul. Dan tentu saja semua kesembuhan ini tidak terlepas dari izin Allah.
Mengenai ruqyah Islami, bisa digunakan untuk kesembuhan penyakit fisik dan penyakit lantaran ada gangguan jin. Ruqyah yang digunakan adalah doa dan ayat-ayat al-qur’an, seperti surah Al Fatihah yang sudah masyhur dipraktikkan oleh para sahabat. Tentu saja hal ini berkaitan dengan keyakinan dan kesucian hati yang membacanya.
Wallahu a`lam.

0 komentar: